Rabu, 06 Juli 2011

SI BORU NAULI BASA


foto diambil pada relief makam Raja Silahisabungan di Dolok Paromasan, Pangururan


SI BORU NAULI BASA adalah boru dari RAJA SILAHISABUNGAN, dari isteri pertama PINTA HAOMASAN BORU RAJA AMBATON,  adalah saudara kandung dari SILALAHI ( Silahiraja).lahir di Lumban Silalahi, Silalahi Nagodang - PANGURURAN.

sejak kelahirannya, Si Boru Nauli Basa menderita sakit, ada kelainan pada kedua kakinya. Karena sakit tersebut Siboru Nauli Basa harus banyak berada di air untuk menggerak-gerakkan kakinya , supaya kakinya bisa sembuh .Siboru nauli Basa banyak menghabiskan waktunya berendam/berenang di Danau Toba..

masyarakat batak pada zaman itu ( tahun 1200-1300 ) , belum mengetahui jenis penyakitnya apa, namun, karena kelainan pada kakinya tersebut dan karena banyak menghabiskan waktunya untuk berendam/berenang di danau toba, maka masyarakat toba zaman itu mengenalnya dengan sebutan  SI BORU MARIHAN.

Untuk penyembuhan lebih lanjut, RAJA SILAHISABUNGAN membawa SI BORU NAULI BASA ke puncak GUNUNG SIBUHIT untuk diobati. Dipuncak gunung sibuhit tersebut, mereka bertemu dengan RAJA SITEMPANG yang saat itu menderita sakit juga.

setelah SEMBUH, SI BORU NAULI BASA dan RAJA SITEMPANG ...MENIKAH. selanjutnya Si Boru Nauli Basa tidak tinggal di Pangururan, melainkan hidup bersama Raja Sitempang disekitar Gunung Sibuhit. keturunan Raja Sitempang dan Boru Nauli Basa bermarga SITANGGANG, yang belum lama ini mengadakan ACARA ADAT dan menyerahkan 3 ekor kerbau kepada SILALAHI sebagai hula-hula. ACARA ADAT   tersebut diadakan di LUMBAN SILALAHI, SILALAHI NAGODANG-PANGURURAN.



MUNGKIN, jenis penyakit Si Boru Nauli Basa, sekarang dikenal dengan nama penyakit Sirenomelia/Marmaid Syndrome, yang terjadi pada 1 orang dari sekitar 100 ribu kelahiran. seperti pada gambar dibawah ini :

foto penderita penyakit Sirenomelia/Marmaid Syndrome :
















o0o
GOD BLESS POMPARAN SI BORU NAULI BASA





16 komentar:

  1. sangat berat penderitaanmu saat itu wahai namboru hasian....bertahun-tahun selalu diolok-olok dan dijuluki masyarakat sekitar dengan sebutan 'siboru marihan'...berat secara fisik, berat secara mental, menahan sakit dan malu bertahun-tahun. bahkan sampai saat ini masih ada orang yang mengolok-olokmu..."ampunilah mereka ya BAPA , mereka tidak tahu yang mereka lakukan".

    mungkinkah itu alasannya gak mau kembali kepangururan setelah sembuh dan merid dengan raja sitempang ???

    sudah sembuh totalkah saat itu bou ??

    apapun penyakitmu, bahkan lebih parah dari itu...kamu tetap namboru kami...SI BORU NAULI BASA ...bou hasian...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalok memang namboru pinondang bulan(siboru marihan) mempenyai kelainan penyakit Sirenomelia/Marmaid Syndrome,kalau seperti itu penyakit namboru itu kenapa namboru itu dipahatkan berwujud manusia setengah ikan,kenapa gak manusia yg mempunyai kaki yg rapat
      Maaf sebelumnya jika ada penyebutan atau maksud yg tidak sopan
      Tolong beri kejelasanya bang,horas

      Hapus
    2. Satabi bapa.... Salam kenal sian marga silalahi..
      Molor najolo kan dang tarboto hita cerita najelas naaa..... Alai sahit ni namborutai dang di boto goar naaa... Alani masa lampau doi
      Nah alani sering namborutai idanautoba manghabison waktu kan idokon do stengah ihan... Sian ni boi hita ambil kebijakan sian cerita ni dibaen ma kesimpulan bahwa fisik ni namborutai i sarupa dohot ikan.... Satabi Tuaka Sahala opung dohot namborutai ta i

      Hapus
  2. Hidup boru silalahi.......penguasa Tao Silalahi!!

    BalasHapus
  3. Namboru.......penghuni Tao Silalahi.....kekuatan mu melegenda di di Tao Silalahi.

    BalasHapus
  4. Horas Namboru nami...
    ketabahanmu merupakan contoh besar bagi keturunan-keturunan kami.....
    sampai saat ini ketabahan mu akan kami ajarkan kepada boru kami,ketabahan yang tidak akan pernah sirna di tao terluas yang engkau jaga..
    kami tau dan sadar bahwa "kekurangan mu adalah Kelebihan" yang tak pernah dimiliki orang lain
    (Salman Naiborhu)

    BalasHapus
  5. ayak2 wae...boru silalahi sabungan adalah deang namora anak ke 3 dr op boru padangbatanghari, ini yg punya blog bodoh apa mau membuat tarombo sendiri....Hadeh....Silalahi raja.....Hadeh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boru opung silahi sabungn ada 2 yg pertama dari opung boru pita haomasan /sibaso nabolon(siboru pinondang bulan/siboru nauli basa)baru dari opung pingan matio boru padang batang ari(namboru deang namora)

      Hapus
  6. Owalah,,, ngawurr,,!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalian orang yg menghilangkan silsila maraga SILAHI RAJA bersiaplah akan hukuman yg akan diberikan op.SILAHI SABUNGAN

      Hapus
  7. namboru kita tidak menikah dan namboru kita meninggal tenggelam karena rindunya sama itonya yaitu raja tambun. tolong ceritanya jangan lari dari tugu kita yang ada di tao silalahi. berpikir luas ya saudaraku

    BalasHapus
  8. iya. namboru itu pernah ikuti saya dan dia memang meninggal tenggelam. jgn mutar2kan cerita. dia pun gadis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nalurimu ito pashian tu barita nahu paihut2,

      Hapus
  9. menurut saya, setelah memahami dari beberapa sumber, namboru kita ada 2, yaitu : si boru nauli (boru marihan) boru Raja Silahisabungan dari istri Pintahaomasan boru Baso Nabolon, dan deang namora boru Raja Silahisabungan dari istri Pinggang Matio boru Padang Batanghari.

    BalasHapus
  10. Ale nahuboto namarbaju dope namboru i (deangnamora)

    BalasHapus
  11. Dia do na tikkos on,2 Manang 1 Boru ni Oppung Raja Silahi Sabungan.

    BalasHapus