Senin, 04 Juli 2011

RAJA SILAHISABUNGAN


lokasi foto  :Makam Raja Silahisabungan di Dolok Paromasan , Silalahi Nagodang - Pangururan.
---

RAJA SILAHISABUNGAN, adalah generasi kelima dari SI RAJA BATAK, merupakan anak ke-3 dari TUAN SORBADIBANUA.

RAJA SILAHISABUNGAN, menikah di Pangururan dengan PINTA HAOMASAN BORU RAJA AMBATON, punya satu anak dan satu orang boru. Anak lelakinya dinamakan SILAHI, yang menurunkan marga SILALAHI, anak borunya dinamakan Si BORU NAULI BASA.

Selanjutnya Raja Silahisabungan berkelana ke pakpak dairi, berbekal tanah dan air dari mata air 'AEKMUAL' di lumban silalahi,  Pangururan. Posisi Aek Mual berada dibelakang rumah kami sekarang . 

LUMBAN SILALAHI , sekarang dikenal dengan nama KAMPUNG SILALAHI NAGODANG, PANGURURAN.

ditanah pakpak RAJA SILAHISABUNGAN  berhasil menyembuhkan isteri dari raja pakpak yang sakit, lalu menikah dengan boru Raja pakpak tersebut, yang bernama  PINGAN MATIO BORU    PADANG BATANGHARI dan punya 7 orang anak yaitu  LOHO ( menurunkan marga Sihaloho), TUNGKIR ( menurunkan marga Situngkir ), SONDI ( menurunkn marga Rumasondi ), BUTAR ( menurunkan marga Sinabutar ), DEBANG ( menurunkan marga Sidebang ), BARIBA menurunkan marga Sinabariba/Sidabariba ) , BATU ( menurunkan marga Pintu Batu ) . Daerah dimana mereka tinggal dan menetap dipakpak dairi,  dinamakan HUTA LAHI, sekarang dikenal dengan nama SILALAHI NABOLAK.

berdasarkan HUTA LAHI, KAMPUNG  SILALAHI NABOLAK,  DAIRI, pomparan anak-anak dari isteri ke-2 Raja Silahisabungan banyak yang menggunakan marga SILALAHI  diperantauan , tanpa meninggalkan marga aslinya. contoh : Silalahi Sihaloho, Silalahi Situngkir, Silalahi Rumasondi, Silalahi Sinabutar, Silalahi Sidebang, Silalahi Sinabariba,Silalahi Pintu Batu.

selanjutnya Raja Silahisabungan berkelana ke SIBISA, kemudian berhasil menyembuhkan SIMILINGILING BORU RAJA MANGARERAK  yang sakit ,dan menikah dengan Similingiling boru raja mangarerak tersebut,..punya satu anak dinamakan  SIRAJA TAMBUN....tidak berapa lama Siraja  Tambun lahir, RAJA SILAHISABUNGAN membawanya ke lumban silalahi, pangururan.

setelah remaja, siraja tambun diajak Raja Silahisabungan ke huta lahi ( silalahi nabolak),Dairi. disinilah diadakan PSSM,kemudian diajak balik lagi ke Lumban Silalahi, Pangururan.setelah dewasa,Siraja Tambun kembali ke SIBISA untuk menjumpai ibu kandungnya...disinilah diadakan PDN.


  

Gambar diatas adalah Tarombo Siraja Batak sampai Raja Silahisabungan.

sampai akhir hidupnya, RAJA SILAHISABUNGAN memiliki 3 orang isteri ,9 orang anak, 1 orang Boru . 

Dari isteri pertama, PINTA HAOMASAN BORU RAJA AMBATON , 1 orang anak, 1 orang Boru.  : 

1. SILAHI RAJA (SILALAHI) 

-  BORU NAULI BASA 

Dari isteri kedua, PINGGAN MATIO BORU PADANG BATANGHARI:, 7  orang anak :

2. LOHO RAJA (SIHALOHO)
3. TUNGKIR RAJA (SITUNGKIR)
4. SONDI RAJA (SONDIRAJA)
5. BUTAR RAJA (SINABUTAR)
6. DEBANG RAJA (SIDEBANG)
7. BARIBA RAJA (SIDABARIBA) 
8. BATU RAJA (PINTUBATU) 

Dari isteri ke-3, MILINGILING BORU RAJA MANGARERAK , 1 orang anak : 

9. SIRAJA TAMBUN (TAMBUN/AN)

BURSOK RAJA SILALAHI ADALAH PAHOMPU PANGGOARAN RAJA SILAHISABUNGAN.MERUPAKAN ANAK PERTAMA DARI SILALAHI ( SILAHIRAJA) DARI ISTERI PERTAMA RAJA SILAHISABUNGAN YAITU PINTA HAOMASAN BORU NI RAJA AMBATON.


RAJA SILAHISABUNGAN DIMAKAMKAN DI DOLOK PAROMASAN,PANGURURAN.




DOLOK PAROMASAN, SILALAHI NAGODANG - PANGURURAN




Gambar diatas adalah Tugu Makam Raja Silahisabungan- TUMARAS  , di Huta Lahi - Silalahi Nabolak, Dairi,  yang diyakini juga adalah sebagai makam  Raja Silahisabungan bagi keturunan Raja Silahisabungan dari isteri ke-2 Pinggan Matio Boru Padang Batang Hari, Huta Lahi, Silalahi Nabolak, Pak-pak Dairi. 


bagi saya pribadi, juga bagi seluruh  pomparan Bursok Raja Silalahi, Lumban Silalahi Nagodang Pangururan. gambar diatas adalah, Tugu Raja Silahisabungan, karena makam Raja Silahisabungan ada di Dolok Paromasan, Pangururan.


Tidak mungkin satu orang individu, dimakamkan di 2 tempat...pasti hanya 1 tempat makamnya itulah DOLOK PAROMASAN, PANGURURAN.


bagaimanapun :

"karena Mahkota orang-orang tua adalah anak cucu dan kehormatan anak-anak ialah nenek moyang mereka"  ( Amsal 17:6 ).

maka, seluruh keturunan Raja Silahisabungan, harus mengetahui dan berziarah , ketempat dimana  sesungguhnya makam nenek moyangnya   Raja Silahisabungan  berada .



Tarombo Raja Silahisabungan, adalah seperti yang diatas ( seharusnya,  but used to be ), memiliki 3 orang isteri  dan memiliki 9 orang anak laki-laki, namun ada 2 versi, yang mengatakan memiliki 2 orang isteri dan 8 orang anak laki-laki, TANPA OMPUNG LELUHURKU , Pinta Haomasan Boru Raja Ambaton dan Silalahi ( Silahi Raja ). Dengan demikian, pomparan Silalahi ( Silahi Raja ) hanya mardongan tubu dengan pomparan SiRaja Tambun ( mungkin gak semua pomparan SiRaja Tambun ).

HAHADOLI SILALAHI - ANGGIDOLI TAMBUN_TAMBUNAN



o0o
GOD BLESS POMPARAN RAJA SILAHISABUNGAN






22 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. kenapa terjadi beberapa versi tarombo Raja Silahisabungan ?? kenapa terjadi kesimpangsiuran informasi mengenai makam Raja Silahisabungan ??

    seperti yang saudaraku katakan :

    amang Apul Rudolph Silalahi, say :

    dalam ADAT BATAK.., TAROMBO adalah bahagian daripadanya..! dan TAROMBO pada orang batak tidak pernah berhenti memperbaiki demi melengkapi dan menyempurnakannya..!......​.karena Tarombo Batak yang ada sekarang adalah hasil ciptaan manusia..!,
    Sabtu pukul 11:28 • Suka

    Amang Boru David Spener Sihombing, say :

    …kita harus membedakan ciptaan Tuhan dengan Man-Made dan Natural yang berarti bahwa tarombo-silsilah adalah buatan manusia….

    , Sabtu pukul 11:08 • Suka

    Amang Subastian Sihaloho P, say :
    adat & tarombo jg ada tahap penyesuaian dan penyempurnaan utk kebersatuan. Krn adat dan tarombo tdk terlepas musyawarah dan mufakat.
    Sabtu pukul 12:07 • SukaTidak Suka • 1 orang

    Amang Kasiran Sipangkar, say :
    ....jadi nama2 dalam tarombo bisa aja berobah karena hanya ingatan, diberitahu orang lain pihak dalihan natolu....kukatakan tadi sekitar thn 1900an buta huruf , bagaimana dia bisa mengingat nama2 secara akurat,sesuai generasinya anggaplah 15 generasi diatasnya..

    Sabtu pukul 17:29 • SukaTidak Suka • 2 orang

    Amang Hermanson Sidebang, say :
    adalah karna belum tentu TAROMBO yang disusun oleh pendahulu kita itu...tarombo yg sebenarnya.
    Sabtu pukul 14:21 • Tidak SukaSuka • 1 ora

    Amang Jhonson Silalahi rumasingap, say :

    Jangankan Tarombo, dunia pun bisa di ubah demi kebenaran atau sebaliknya demi kejahatan
    Sabtu pukul 19:37 • Suka

    Amang Leonardo Sipangkar Say :

    Ga Ada yg Kekal di dunia ini dan ngga ada yg ngga bisa dirubah di dunia ini.... jadi Tarombo pun Bisa dirubah.... Oleh oknum2 tertentu... tp karena Tarombo belum bisa di jadikan Landasan Hukum jadi orang bisa seenaknya merubah2 tarombonya...

    Kemarin jam 0:46 • Suka.Lihat Selengkapnya
    13 Juni jam 8:09 · Suka.Lihat Selengkapnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Memang masing2 versi (versi 3 istri RSS dan versi 2 istri RSS), belum tentu benar, karena silsilah yang kita ketahui masing2 adalah warisan turun temurun dari nenek moyang kita, ke ompung kita, ke ayah kita sampai ke kita pribadi. Ada beberapa bukti yg diyakini sebagai peninggalan RSS dalam bentuk situs ataupun artefak memperkuat perjalanan dan eksistensi RSS di suatu tempat. Saran saya agar beberapa keturunan RSS yang punya kemampuan ekonomi, sosial, berkenan mengundang tokoh2 Silalahisabungan untuk duduk bersama dalam suatu seminar tentang pembakuan/kesepakatan Tarombo RSS. Bila perlu undang juga tokoh adat/budaya Batak dan ahli antropologi budaya dari universitas. Jadi kita akan mendapat kesepakatan yang punya dasar yang lebih kuat. RAP RENTA POMPARAN RAJA SILAHISABUNGAN. Horas!

    BalasHapus
  6. Tarombo yang ada sepertinya belum jelas kebenarannya, kami sebagai generasi muda sebenarnya mempunyai kerinduan untuk tahu tarombomya masing-masing karena tarombo itu juga pastinya yang akan diwariskan pada generasi berikutnya.kalau saya berpendapat mungkin hanya dengan kesepahaman dan kesepakatanlah yang mampu meluruskannya. please....

    BalasHapus
  7. Bah, Sibursok nya siakkangan dari si tolping, hati hati kalian, anati ngamuk si Tolping

    BalasHapus
  8. SIHALOHO TETAP SEBAGAI ANAK SIAKKANGAN.

    I DO NA TOHO.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg saya tau sejk dakdanak juga begitu. Tarombo silahisabungan spt yg ada di makam dan tugu di silalahi nabolak.

      Hapus
  9. surya sipangkar15 Maret 2013 00.17

    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  10. batak itu hebat ya.....dan menarik

    BalasHapus
  11. Masih blm clear... Membingungkan dan ga tau yg mana hrs di ikutkan' yg aku ikutkan hanya nurani hati aja' ise pe hamu akka pinopar ni oppung I' sebagai boru Haloho ikkon haholongan ku do hamu' marningot poda ni bapa dohot mama' I luat dia pe akka marga silahi sabungan ikkon marsihaholongan. Horas... Di akka itoku!

    BalasHapus
  12. Ise do na toho? Gabe bingung iba. Molo di buat survei ikkon sihaloho do no 1.

    BalasHapus
  13. kasbun situngkir24 Mei 2013 10.12

    kasbun situngkir
    tolping apaan ya ,setauku silahi sabungan adong disilalahi nabolak do ampara .dan sihaloho ttp no satu.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Raja Silahisabungan adalah generasi ke-5 dari Si Raja Batak. dan saudara segenerasinya seperti SiRaja Oloan,Sipaet Tua,dsb adalah TIDAK mewariskan/menurunkan Marga.

    Silahi Raja yang mewariskan/menurunkan marga Silalahi adalah lahir dari Pinta Haomasan Boru Raja Ambaton. Silalahi tidak lahir dari Pinggan Matio,karena Pinggan Matio adalah ibu dari Sihaloho dan adeknya.

    Silalahi tidak berabang kepada Sihaloho .

    BalasHapus
  16. Raja Silahisabungan memliki 2 Istri dan 8 Putra keturunannya telah mewariskan beragam marga di seluruh negeri .... Itulah fakta yang ada... dan kalaupun ada yang tidak berkenan dengan kenyataan ini... ini masalah buat mereka... dan bukan buat kami keturunan 8 Putera Silahisabungan ..... jangan memaksakan masalah anda kepada orang lain ...

    BalasHapus
  17. Raja Silahisabungan memiliki 3 Istri hanya hoax dan buah dari krisis jati diri. Nama Dolog Paromasan (kuburan) di Pangururan pun lalu menjadi Silalahi Nagodang yah... Hot do hami dipartindang nami amang, alai hamu Pomparan ni Silalahi Raja, sai manggarputi do lalap, molo na gabe masala pe on ninna hamu amang, ba masalah muna mai.... dang adong laba nami disi molo husarbuti hami hamuna. Hot ma hita dipartindangta be.... asa uli hamu idaon jala hami pe hot ma dihaulion nami.... Pomparan ni Raja Silahisabungan sian SILALAHI NA BOLAK torop mian do di Pangururan, Parbaba, Limbong Sagala, Tolping Ambarita nang na asing, alai pulik ma hape Silalahi Raja di Dolok Paromasan Silalahi Nagodang ... (?) na gabe marpadan tu Anggina (marpadan na samudar, ninna) ima marhite Dengke Na Dilean....

    BalasHapus
  18. Lebih bagus silalahi yang ngaku dr pangururan berdiri sendiri, dan jangan libatkan diri dengan yg dari silalahi nabolak. Jgn saling usik. Selesai kan. Karena masalah ini kayaknya jadi polemik yg berkepanjangan, sedikit banyaknya menguras pikiran kita. Khusus untuk masalah namboru kita, kok jadi keturunan versi pertama. Peninggalannya pun semua ada di silalahi nabolak. Sekali lagi jgn ngarang dan memutarbalikkan fakta sejarah. Ingat, raja bius dipangururan adalah Simbolon, sitanggang dan naibaho dan tidak ada silalahi.

    BalasHapus
  19. Artikel yang sangat menarik thanks bro

    BalasHapus