Senin, 04 Juli 2011

RAJA SILAHISABUNGAN


lokasi foto  :Makam Raja Silahisabungan di Dolok Paromasan , Silalahi Nagodang - Pangururan.
---

RAJA SILAHISABUNGAN, adalah generasi kelima dari SI RAJA BATAK, merupakan anak ke-3 dari TUAN SORBADIBANUA.

RAJA SILAHISABUNGAN, menikah di Pangururan dengan PINTA HAOMASAN BORU RAJA AMBATON, punya satu anak dan satu orang boru. Anak lelakinya dinamakan SILAHI, yang menurunkan marga SILALAHI, anak borunya dinamakan Si BORU NAULI BASA.

Selanjutnya Raja Silahisabungan berkelana ke pakpak dairi, berbekal tanah dan air dari mata air 'AEKMUAL' di lumban silalahi,  Pangururan. Posisi Aek Mual berada dibelakang rumah kami sekarang . 

LUMBAN SILALAHI , sekarang dikenal dengan nama KAMPUNG SILALAHI NAGODANG, PANGURURAN.

ditanah pakpak RAJA SILAHISABUNGAN  berhasil menyembuhkan isteri dari raja pakpak yang sakit, lalu menikah dengan boru Raja pakpak tersebut, yang bernama  PINGAN MATIO BORU    PADANG BATANGHARI dan punya 7 orang anak yaitu  LOHO ( menurunkan marga Sihaloho), TUNGKIR ( menurunkan marga Situngkir ), SONDI ( menurunkn marga Rumasondi ), BUTAR ( menurunkan marga Sinabutar ), DEBANG ( menurunkan marga Sidebang ), BARIBA menurunkan marga Sinabariba/Sidabariba ) , BATU ( menurunkan marga Pintu Batu ) . Daerah dimana mereka tinggal dan menetap dipakpak dairi,  dinamakan HUTA LAHI, sekarang dikenal dengan nama SILALAHI NABOLAK.

berdasarkan HUTA LAHI, KAMPUNG  SILALAHI NABOLAK,  DAIRI, pomparan anak-anak dari isteri ke-2 Raja Silahisabungan banyak yang menggunakan marga SILALAHI  diperantauan , tanpa meninggalkan marga aslinya. contoh : Silalahi Sihaloho, Silalahi Situngkir, Silalahi Rumasondi, Silalahi Sinabutar, Silalahi Sidebang, Silalahi Sinabariba,Silalahi Pintu Batu.

selanjutnya Raja Silahisabungan berkelana ke SIBISA, kemudian berhasil menyembuhkan SIMILINGILING BORU RAJA MANGARERAK  yang sakit ,dan menikah dengan Similingiling boru raja mangarerak tersebut,..punya satu anak dinamakan  SIRAJA TAMBUN....tidak berapa lama Siraja  Tambun lahir, RAJA SILAHISABUNGAN membawanya ke lumban silalahi, pangururan.

setelah remaja, siraja tambun diajak Raja Silahisabungan ke huta lahi ( silalahi nabolak),Dairi. disinilah diadakan PSSM,kemudian diajak balik lagi ke Lumban Silalahi, Pangururan.setelah dewasa,Siraja Tambun kembali ke SIBISA untuk menjumpai ibu kandungnya...disinilah diadakan PDN.


  

Gambar diatas adalah Tarombo Siraja Batak sampai Raja Silahisabungan.

sampai akhir hidupnya, RAJA SILAHISABUNGAN memiliki 3 orang isteri ,9 orang anak, 1 orang Boru . 

Dari isteri pertama, PINTA HAOMASAN BORU RAJA AMBATON , 1 orang anak, 1 orang Boru.  : 

1. SILAHI RAJA (SILALAHI) 

-  BORU NAULI BASA 

Dari isteri kedua, PINGGAN MATIO BORU PADANG BATANGHARI:, 7  orang anak :

2. LOHO RAJA (SIHALOHO)
3. TUNGKIR RAJA (SITUNGKIR)
4. SONDI RAJA (SONDIRAJA)
5. BUTAR RAJA (SINABUTAR)
6. DEBANG RAJA (SIDEBANG)
7. BARIBA RAJA (SIDABARIBA) 
8. BATU RAJA (PINTUBATU) 

Dari isteri ke-3, MILINGILING BORU RAJA MANGARERAK , 1 orang anak : 

9. SIRAJA TAMBUN (TAMBUN/AN)

BURSOK RAJA SILALAHI ADALAH PAHOMPU PANGGOARAN RAJA SILAHISABUNGAN.MERUPAKAN ANAK PERTAMA DARI SILALAHI ( SILAHIRAJA) DARI ISTERI PERTAMA RAJA SILAHISABUNGAN YAITU PINTA HAOMASAN BORU NI RAJA AMBATON.


RAJA SILAHISABUNGAN DIMAKAMKAN DI DOLOK PAROMASAN,PANGURURAN.




DOLOK PAROMASAN, SILALAHI NAGODANG - PANGURURAN




Gambar diatas adalah Tugu Makam Raja Silahisabungan- TUMARAS  , di Huta Lahi - Silalahi Nabolak, Dairi,  yang diyakini juga adalah sebagai makam  Raja Silahisabungan bagi keturunan Raja Silahisabungan dari isteri ke-2 Pinggan Matio Boru Padang Batang Hari, Huta Lahi, Silalahi Nabolak, Pak-pak Dairi. 


bagi saya pribadi, juga bagi seluruh  pomparan Bursok Raja Silalahi, Lumban Silalahi Nagodang Pangururan. gambar diatas adalah, Tugu Raja Silahisabungan, karena makam Raja Silahisabungan ada di Dolok Paromasan, Pangururan.


Tidak mungkin satu orang individu, dimakamkan di 2 tempat...pasti hanya 1 tempat makamnya itulah DOLOK PAROMASAN, PANGURURAN.


bagaimanapun :

"karena Mahkota orang-orang tua adalah anak cucu dan kehormatan anak-anak ialah nenek moyang mereka"  ( Amsal 17:6 ).

maka, seluruh keturunan Raja Silahisabungan, harus mengetahui dan berziarah , ketempat dimana  sesungguhnya makam nenek moyangnya   Raja Silahisabungan  berada .



Tarombo Raja Silahisabungan, adalah seperti yang diatas ( seharusnya,  but used to be ), memiliki 3 orang isteri  dan memiliki 9 orang anak laki-laki, namun ada 2 versi, yang mengatakan memiliki 2 orang isteri dan 8 orang anak laki-laki, TANPA OMPUNG LELUHURKU , Pinta Haomasan Boru Raja Ambaton dan Silalahi ( Silahi Raja ). Dengan demikian, pomparan Silalahi ( Silahi Raja ) hanya mardongan tubu dengan pomparan SiRaja Tambun ( mungkin gak semua pomparan SiRaja Tambun ).

HAHADOLI SILALAHI - ANGGIDOLI TAMBUN_TAMBUNAN



o0o
GOD BLESS POMPARAN RAJA SILAHISABUNGAN






91 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalu mau buat silsilah kau, sukamu.
      jangan kau bawa-bawa kami parSilalahi nabolak.
      taka ada boru simbolon ataupun apa yaya kau bilang. kau tambahin pula oppung boru kami. yang ada cuma 2 oppung boru, yakni, boru Padangbatanghari dan boru nairasaon

      Hapus
    2. Anda tidak suka jangan marah itulah kebenarannya

      Hapus
    3. Ada yg salah kah di tarombo ini?
      Karena menurut versi tugu yg ada di silalahi nabolak,tidak ada silalahi raja.

      Hapus
    4. Ada yg salah kah di tarombo ini?
      Karena menurut versi tugu yg ada di silalahi nabolak,tidak ada silalahi raja.

      Hapus
    5. didia do abang,boi do hita pajumpang?,tabo do huberwng molo rap au tu abang

      Hapus
    6. Silalahi ngak masuk di tarombo silahisabungan..
      Unang pamalomalohon hamu bang..

      Unang mambaen versi baru hamu

      Hapus
    7. Pas mau... Belajar Sian dia do ibana

      Hapus
    8. Saya sangat setuju dengan tarombo ini karena saya banyak mendapatkan fakta-fakta yang dapat meyakinkan saya

      Hapus
  2. kenapa terjadi beberapa versi tarombo Raja Silahisabungan ?? kenapa terjadi kesimpangsiuran informasi mengenai makam Raja Silahisabungan ??

    seperti yang saudaraku katakan :

    amang Apul Rudolph Silalahi, say :

    dalam ADAT BATAK.., TAROMBO adalah bahagian daripadanya..! dan TAROMBO pada orang batak tidak pernah berhenti memperbaiki demi melengkapi dan menyempurnakannya..!......​.karena Tarombo Batak yang ada sekarang adalah hasil ciptaan manusia..!,
    Sabtu pukul 11:28 • Suka

    Amang Boru David Spener Sihombing, say :

    …kita harus membedakan ciptaan Tuhan dengan Man-Made dan Natural yang berarti bahwa tarombo-silsilah adalah buatan manusia….

    , Sabtu pukul 11:08 • Suka

    Amang Subastian Sihaloho P, say :
    adat & tarombo jg ada tahap penyesuaian dan penyempurnaan utk kebersatuan. Krn adat dan tarombo tdk terlepas musyawarah dan mufakat.
    Sabtu pukul 12:07 • SukaTidak Suka • 1 orang

    Amang Kasiran Sipangkar, say :
    ....jadi nama2 dalam tarombo bisa aja berobah karena hanya ingatan, diberitahu orang lain pihak dalihan natolu....kukatakan tadi sekitar thn 1900an buta huruf , bagaimana dia bisa mengingat nama2 secara akurat,sesuai generasinya anggaplah 15 generasi diatasnya..

    Sabtu pukul 17:29 • SukaTidak Suka • 2 orang

    Amang Hermanson Sidebang, say :
    adalah karna belum tentu TAROMBO yang disusun oleh pendahulu kita itu...tarombo yg sebenarnya.
    Sabtu pukul 14:21 • Tidak SukaSuka • 1 ora

    Amang Jhonson Silalahi rumasingap, say :

    Jangankan Tarombo, dunia pun bisa di ubah demi kebenaran atau sebaliknya demi kejahatan
    Sabtu pukul 19:37 • Suka

    Amang Leonardo Sipangkar Say :

    Ga Ada yg Kekal di dunia ini dan ngga ada yg ngga bisa dirubah di dunia ini.... jadi Tarombo pun Bisa dirubah.... Oleh oknum2 tertentu... tp karena Tarombo belum bisa di jadikan Landasan Hukum jadi orang bisa seenaknya merubah2 tarombonya...

    Kemarin jam 0:46 • Suka.Lihat Selengkapnya
    13 Juni jam 8:09 · Suka.Lihat Selengkapnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    2. Dia do botul adong mandok Di pangururan adong muse mandok Di silalahi nabolak... Dia do sasintongna hamu akka dongan tubuku

      Hapus
    3. Jadi dangadong be namboru nami siboru DEANG NAMORA bapa...?

      Hapus
    4. dalani hamujo dolokparumasan,dalani hamu silalahi nabolak..bedahon hamu ma naidiado makam,naidia do tugu..sukkun2ku oppungta raja silahisabungan halak pakpakdo manang toba.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Memang masing2 versi (versi 3 istri RSS dan versi 2 istri RSS), belum tentu benar, karena silsilah yang kita ketahui masing2 adalah warisan turun temurun dari nenek moyang kita, ke ompung kita, ke ayah kita sampai ke kita pribadi. Ada beberapa bukti yg diyakini sebagai peninggalan RSS dalam bentuk situs ataupun artefak memperkuat perjalanan dan eksistensi RSS di suatu tempat. Saran saya agar beberapa keturunan RSS yang punya kemampuan ekonomi, sosial, berkenan mengundang tokoh2 Silalahisabungan untuk duduk bersama dalam suatu seminar tentang pembakuan/kesepakatan Tarombo RSS. Bila perlu undang juga tokoh adat/budaya Batak dan ahli antropologi budaya dari universitas. Jadi kita akan mendapat kesepakatan yang punya dasar yang lebih kuat. RAP RENTA POMPARAN RAJA SILAHISABUNGAN. Horas!

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju.. aku pun sudah jadi bingung di buat akka dongan tubuku ini..
      bukan gak menghargai pemgetahuan mereka tapi kami generasi penerus perlu kepastian yang akurat mauliate.. tuhan memberkati

      Hapus
  6. Tarombo yang ada sepertinya belum jelas kebenarannya, kami sebagai generasi muda sebenarnya mempunyai kerinduan untuk tahu tarombomya masing-masing karena tarombo itu juga pastinya yang akan diwariskan pada generasi berikutnya.kalau saya berpendapat mungkin hanya dengan kesepahaman dan kesepakatanlah yang mampu meluruskannya. please....

    BalasHapus
  7. Bah, Sibursok nya siakkangan dari si tolping, hati hati kalian, anati ngamuk si Tolping

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalaw aslinya,dan yang paham cerita nya bursoklah siakangan,

      Hapus
  8. SIHALOHO TETAP SEBAGAI ANAK SIAKKANGAN.

    I DO NA TOHO.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg saya tau sejk dakdanak juga begitu. Tarombo silahisabungan spt yg ada di makam dan tugu di silalahi nabolak.

      Hapus
    2. Sebenarnya si Silalahi yang siakkangan tapi jika anda masih percaya kebohongan seperti itu sih gapapa :)

      Hapus
    3. Ada atau tidak bukti yang mengatakan bahwa silalahi anak pertaama? Kenapa anda bilng kebohongan?

      Seluruh pUnguan Raja Silahisabungan berpedoman pada PODA SAGU SAGU MARLANGAN. . cermati dan hayati isi nya!

      Hapus
    4. Molo dang iboto ho dia tarombo unang gital babam

      Hapus
    5. Emang benar sihaloho siakkangan di torombo silalahisabungan,krn krn lahi raja gk ada di tugu silalahi sabungan,jgn kita buat karangan sendiri kepada anak2 kita,biar suatu saat anak2 kita tau anak ke berapa dari turunan silalahisabungan.ok

      Hapus
    6. Izin berbicara semua dari semua informasi dari kedua belah pihak yang saya cari tau semua mengaku Abang dari Tolping maupun dari Silalahi nabolak, pertama saya tidak percaya data torombo yang ada karena :

      1) tidak tertulis dari jaman oppung Raja Silahi Sabungan
      2) di buat dan terlihat di buat"
      3) tarombo hanya di tuturkan dari mulut ke mulut per generasi

      Tapi satu kesimpulan jelas yang saya dapat dan lihat di umur saya yang saya alami secara nyata wujudnya :

      1) orang Batak memakai sistem patrilineal garis keturunan laki laki (Marga Ayah)
      2) kalau ada orang Batak punya anak lelaki yang di panggil nama anaknya ( cth : bapak Agus punya anak Alan di panggil bapak Alan atau Amani Alan )
      3) kalau ada orang Batak punya anak dan sudah memiliki cucu di sebut oppung dan panggilan nya adalah oppung nama dari cucu nya (cth bapak Agus memilik anak bernama Alan dan Anak nya Alan memiliki anak nama nya Alex jadi bapa Agus di panggil Oppung Alex )
      4) orang Batak menganut ahli waris dari anak pertama (si akkangan) yang memiliki hak waris

      Berdasarkan sistem kekerabatan Batak itu dan adatnya sudah dapat disimpulkan kalau pun memang Sihaloho anak pertama boleh jadi oppung Raja Silahi Sabungan akan menamai warisan daerah yang di miliki dengan nama Sihaloho Nabolak dan orang orang dari Silalahi Nabolak tidak memakai Silalahi Sihaloho, Silalahi Situngkir karena 'beralasan' dari daerah Silalahi jadi seharus nya pakai saja marga Sihaloho kalau sebagai anak pertama kalau memang benar seperti itu, dan terlihat sekali ingin membuat ambigu dengan mengatakan Silalahi 'apa' supaya generasi yang tidak mengerti dan tidak mau membaca dan mencari tau akan berpikir Silahi Raja dari Tolping tidak ada (propaganda ni boleh juga tapi terlalu rendahan) dan kalau pun Silahi Raja di akui sebagai abang ya sudah jelas seluruh tanah Silalahi punya Silalahi Raja karena anak dari Silahi Raja dan cucu sulung dari Raja Silahi Sabungan secara adat (hehehehe) dan Oppung Raja Silahi Sabungan pun sudah mampu menilai apa yang akan terjadi seperti saat ini yaitu pertikaian jadi untuk bukti tak terbantahkan di namai Oppung Raja Silahi Sabungan lah tanah waris nya dengan nama cucu nya Silalahi Raja dan di situ sudah terbukti nyata, lalu ada bukti PSSM antara 7T dan Tambun Raja dari sejarah yang saya baca terjadi pengucilan dan pertikaian terhadap Tambun Raja pada mulannya, yang tidak kalah menarik bukti nyata lain
      Tampubolon sebagai abang dalam marpadan (kalau Silahi Raja dan keturunannya dari Tolping itu gk ada trus itu Marga Tampubolon marpadan sama hantu halusinasi kah hehehehe, adapun juga Tulang Simbolon jadi Tulang kami itu marbere hantu halusinasi gtu selama ratusan tahun hehehehe) dan adik kami Tambun Raja (dan seluruh keturunannya) emang berhalusinasi dia memanggil abang ke orang yang gk ada hehehehe, kalau pun penjelasan masalah patrilineal ini masih di bantah dan tidak mengakui sistem kekerabatan Batak yang sampai saat ini masih di pakai, berarti kalau bisa gk usah ngaku Batak lagi lah ya kalian cuman bikin malu dan bebal terlanjur jatuh ke dalam karang"an kebohongan yang di buat" dan satu lagi aku mulai suka ketemu di perantauan gk ada lagi Silalahi ngaku" (Cth Silalahi 'apa' aku Silalahi Sihaloho, Aku Silalahi Situngkir, dll kasihan lah Oppung Bapa Uda kami itu gk di akui marga yang di teruskan oleh mereka ke generasi nya) tapi terima kasih untuk sodara sodara yang sudah nyata memakai asli marga nya Sihaloho, Situngkir, dll tanpa ada kata Silalahi 'apa' lg, saya pribadi sih gk perlu pengakuan dari 7T itu gk penting juga bwuahahahaha tapi kalau bisa kalian buktikan juga secara ilmiah dan bukti nyata dan kongkrit bisa diterima secara kehidupan saat ini ya, karna hal percuma kita bicara pada lalat kalau bunga adalah hal indah tetap saja bagi lalat sampah adalah hal terindah hehehehe bebal akan tetap bebal kok, ywdah Shalom Tuhan Yesus Memberkati sodara sodari 😄😄😄🙏🙏🙏

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  10. batak itu hebat ya.....dan menarik

    BalasHapus
  11. Masih blm clear... Membingungkan dan ga tau yg mana hrs di ikutkan' yg aku ikutkan hanya nurani hati aja' ise pe hamu akka pinopar ni oppung I' sebagai boru Haloho ikkon haholongan ku do hamu' marningot poda ni bapa dohot mama' I luat dia pe akka marga silahi sabungan ikkon marsihaholongan. Horas... Di akka itoku!

    BalasHapus
  12. Ise do na toho? Gabe bingung iba. Molo di buat survei ikkon sihaloho do no 1.

    BalasHapus
  13. kasbun situngkir24 Mei 2013 pukul 10.12

    kasbun situngkir
    tolping apaan ya ,setauku silahi sabungan adong disilalahi nabolak do ampara .dan sihaloho ttp no satu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul,sihaloho anak pertama dari istri ke-2,kalau istri pertama ya silalahi raja

      Hapus
    2. halah naloakon unang gabe manubui hamu be, je husukku silahlahi aha maho

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Raja Silahisabungan adalah generasi ke-5 dari Si Raja Batak. dan saudara segenerasinya seperti SiRaja Oloan,Sipaet Tua,dsb adalah TIDAK mewariskan/menurunkan Marga.

    Silahi Raja yang mewariskan/menurunkan marga Silalahi adalah lahir dari Pinta Haomasan Boru Raja Ambaton. Silalahi tidak lahir dari Pinggan Matio,karena Pinggan Matio adalah ibu dari Sihaloho dan adeknya.

    Silalahi tidak berabang kepada Sihaloho .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ido na toho Abang Ed .... , I tarombo nami Tambunan Pagaraji Sian Sibara-bara, Ambarita (jonok do tu Tolping ate), i Samosir, Silahi (Silalahi) do anak I (pertama) ni Oppung Lahi Sabungan

      Hapus
    2. Iya saya setuju kalau Silalahi adalah anak siangkangan dari opung raja Silahisabungan.

      Hapus
  16. Raja Silahisabungan memliki 2 Istri dan 8 Putra keturunannya telah mewariskan beragam marga di seluruh negeri .... Itulah fakta yang ada... dan kalaupun ada yang tidak berkenan dengan kenyataan ini... ini masalah buat mereka... dan bukan buat kami keturunan 8 Putera Silahisabungan ..... jangan memaksakan masalah anda kepada orang lain ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sihalolo adalah sihaloho, Silahi adalah Silalahi. Kenapa keturunan Ruma sondi dll. menjadi Silalahi ? Apakah Belanda bodoh mengangkat Frederik Tambunan menjadi Controleur van Samosir di Pangururan ? Catat : Controleur Van Samosir Frederik Tambunan mencatat kuburan oppungnya Lahi Sabungan di Pangururan (dekat dgn Hula-hula I ate .. !)

      Hapus
  17. Raja Silahisabungan memiliki 3 Istri hanya hoax dan buah dari krisis jati diri. Nama Dolog Paromasan (kuburan) di Pangururan pun lalu menjadi Silalahi Nagodang yah... Hot do hami dipartindang nami amang, alai hamu Pomparan ni Silalahi Raja, sai manggarputi do lalap, molo na gabe masala pe on ninna hamu amang, ba masalah muna mai.... dang adong laba nami disi molo husarbuti hami hamuna. Hot ma hita dipartindangta be.... asa uli hamu idaon jala hami pe hot ma dihaulion nami.... Pomparan ni Raja Silahisabungan sian SILALAHI NA BOLAK torop mian do di Pangururan, Parbaba, Limbong Sagala, Tolping Ambarita nang na asing, alai pulik ma hape Silalahi Raja di Dolok Paromasan Silalahi Nagodang ... (?) na gabe marpadan tu Anggina (marpadan na samudar, ninna) ima marhite Dengke Na Dilean....

    BalasHapus
  18. Lebih bagus silalahi yang ngaku dr pangururan berdiri sendiri, dan jangan libatkan diri dengan yg dari silalahi nabolak. Jgn saling usik. Selesai kan. Karena masalah ini kayaknya jadi polemik yg berkepanjangan, sedikit banyaknya menguras pikiran kita. Khusus untuk masalah namboru kita, kok jadi keturunan versi pertama. Peninggalannya pun semua ada di silalahi nabolak. Sekali lagi jgn ngarang dan memutarbalikkan fakta sejarah. Ingat, raja bius dipangururan adalah Simbolon, sitanggang dan naibaho dan tidak ada silalahi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah karena semua harta peninggalan ditarok di Dairi, lalu holi-holi tidak boleh ditarok di Samosir ?

      Hapus
  19. Artikel yang sangat menarik thanks bro

    BalasHapus
  20. makasih infonya ito/kakak/abang

    BalasHapus
  21. Berarti marga "daulay" dari mandailing tidak termasuk cucu dari raja tambun... Iya nya...?

    BalasHapus
  22. Berarti marga "daulay" dari mandailing tidak termasuk cucu dari raja tambun... Iya nya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuklah, daulay itu cabang marga dari siraja tambun.
      Kalo gak salah cabang marga tambunan pagaraji. Jika tidak salah daulay itu dulu dikenal sebagai mata sapiak dan berganti nama jadi daulay. Koreksi jika saya salah.
      Saya keturunan siraja tambun, tambun mulia.

      Hapus
  23. Silalahi Raja Tolping Pahoppu panggoaran Silahisabungan bukan bursok ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keturunan Tambunan Pagaraji dari Sibara-bara, Ambarita, Samosir menjadi saksi bahwa Silahi (Silalahi) adalah anak I (Pertama) Oppung Lahi Sabungan, karena i tarombo Tambunan Pagaraji sian Sibara-bara tertulis 3 istri oppung Lahi Sabungan.

      Hapus
  24. Lalap la manggaori klian silalahi raja ini
    silalahi raja ya silalahi raja, silalahi sabungan ya silalahi sabungan
    Silalahi sabungan ya tugunya di silalahi nabolak, sdangkan silalahi parmahan msih mngakui tugu opung kita di silalahi nabolak bkn silalahi raja
    hargailah versi msing2.
    aku sigiro

    Horasss!!!

    BalasHapus
  25. Suhendra silalahi situngkit4 Maret 2016 pukul 01.56

    Ai molo na toho bereng ma langsun tu tugu huta silalahi.disi pe adong do annon sintua na menjelaskan partuturan na.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suhendra silalahi situngkir4 Maret 2016 pukul 01.59

      Au situngkir sian huta silalahi.disi do dibahen peristirahatan ni bpk.i ginjang ni buhit molo tindang sian tugu tarida namai.salam kenal...horas..

      Hapus
  26. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  27. sinting... ente bukan silahisabungan ngaku ngaku.... dasar silalahi raja kecoak

    BalasHapus
  28. keturunan yang terbuang...silalahi R jadi mangaku ngaku ma ho ate wkkkkk..... maup maho tung sude pinomparmu silalahi Rroooor kami silahisabungan dari silalahi nabolak..molo hamuna silalahi tolping( jurang) BEDAKAN ITU ciuhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sadar lah kalian hehehe. kalo emng gaada Silalahi, ngapain dibuat ziarah Akbar Silalahi?. Hati hati kalian yang meniadakan Silalahi itu hamuna, sotung di pokikon oppungi hamu

      Hapus
  29. payah.. pemahaman yang membenarkan diri sendiri.. pembodohan terhadap generasi muda. jangan merubah sejarah seenaknya. silalahi nabolak pondasi awal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. payah ... pemahaman yg membenarkan diri sendiri ... pembodohan terhadap generasi muda. Sudah kubilang di tarombo Tambunan Pagaraji Sibara-bara, Ambarita - Samosir istri oppung Lahi Sabungan ada 3 (tolu). Maksudku Samosir pondasi awal ate.

      Hapus
  30. santabi akka abang/ito/bapa tua/namboru, ahu tambunan. stop saling mencaci dan memaki ditubuh kita mengalir darah yg sama darah SILAHISABUNGAN. kita bersaudara ingat Poda SAGU SAGU MARLANGAN.. kalo ada yg melenceng maka rangkul jika ada hal yg belum lurus maka sementara bungkus dengan cinta kasih sesama pomparan SILAHISABUNGAN.. bagaimana perasaan SILAHISABUNGAN jika melihat pinomparnya seperti sekarang saling serang saling hujat?? tentu sedih.. sangat sedih. sebab SILAHISABUNGAN adalah penyayang terbukti dengan poda SAGU SAGU MARLANGAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sory bapa tua. Na adongdo mengaku silalahi raja diginjang ni sihaloho. Au tambunan dang terima molo adong dope di ginjang ni silalahi. Jadi ajaran sesat doi

      Hapus
    2. Dame ma dihamu, masa karna ada silalahi raja anda bilang sesat, sada ma hamu asa disurgoi hita haduan, dang boi hita mandok sesat tu akka pinomparni silahisabungan, mati kita tidak dipertanyakan marga tapi perbuatan , damai itu indah

      Hapus
    3. Kalau nyatanya Silahi Raja / Silalahi Raja anak I Oppung Lahi Raja, terus keturunannya ribut mulu ?

      Hapus
    4. setuju do au disi bapa..
      unang saling menghujat TOKKA tindang ma hita di hatindangonta..
      au sihaloho hutiop gomos do PODA SAGU SAGU MARLANGAN.

      HORAS MA DI HITA SALUHUTNA DONGAN TUBU SILAHISABUNGAN..

      Hapus
  31. Di tikki na mambaen tugu di silalahi nabolak diajak do sude marga silalahi berunding jala dipapungu do sude akka natua2 sebagai informan asa di urut hon ma sude pomparan ni silahi sabungan, alai lao do akka partolping(silalahi raja) maninggalhon peresmian ni tugu i, jadi unang alani haboi on , hamoraon, hapangkatan las gabe so dihargai akka silsilah, jadi unang salah hita sejarah tidak bisa dirubah,,,ý

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ido .. ikkon jujur do attong Tohom, toho i roba ho sejarah keturunan 766HI Sabungan ate ... !

      Hapus
  32. Yaudah klo mnrt kalian Silalahi dan sihaloho berbeda dan gadak kaitannya .ayoklah sni Sihaloho nikah sm Silalahi !!! Asa tarboto Jo !!!!kita sama" gtw mna yg bnr dan yang slh.tapi paling tdk saling menghargai lah !!!!jangan cuma mau menang sndri bapa ku !!!!
    Unang Gabe Hita di pailahon holan alani ise siakkangan ise si paidua......!!!mauliatema...
    Au Boru Silalahi !

    BalasHapus
  33. unang mambaen sursar, unang be pamalo2 ma nambai2 akka tarombo ni oppung i, so hona pitcang, ingot be ma na di ajarhon ni akka siparjolo i. mauli ate

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada yg kolesterolnya naik...mungkin dia banyak makan daging

      Hapus
  34. Dang mungkin adong silalahi raja molo dang ditonahon inangna tu gellengna, bahwa silalahi raja tubuni silahisabungan , ima pinta haomasan naiabbaton, nungga pasti ditonahon tu gellengna bahwa silalahi raja i gellengni silahisabungan, jd jolmana adongdo , hamu akka tubu ni si 7 turpuk ikkon menerima do, damai itu indah , on dope nungga dipermasalahka gimana lg dengan yg berbeda agama?? Jadilah bersaudara yg diam duduk bergandengan

    BalasHapus
  35. Terkait silsilah/tarombo silahisabungan buku karangan manakah yg menjadi acuan bagi saya sbg keturunan pomparan silahisabungan mhn penjelasan yg akurat mauliate

    BalasHapus
  36. sekarang posisi ( pomparan ) si raja tambun sebagai apa...wasit atau penyerang????

    hanya bercanda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang Tambunan ... Ada Tambunan Pagaraji di Sibara-bara, Ambarita - Samosir 11 turunan dan di tarombonya tertulis 3 istri Oppung Silahi Sabungan. Apakah mereka salah kalau mengatakan apa yg tertulis pada Tarombo nya Bang Tambunan ? Tidak salah kan Bang Tambunan ? Sibara-bara dekat Tolping Bang ... pasti tau lah cerita nya

      Hapus
  37. sinabariba sama sidabariba ada bedanya gak???

    BalasHapus
  38. Itu sinabariba dan sidabariba pake nomor apa gak?

    BalasHapus
  39. Harusnya kita keturunan silahi sabungan agar tdk ada lg mencantumkan nama marga silalahi,karena memang keturunan kita 8 marga yaitu 1.Loho Raja,2.Tungkir Raja,3.Sondi Raja,4.Butar Raja,5.Bariba Raja,6.Debang Raja,7.Batu Raja,8.Tambun Raja.nah dari sana turun lahir lah anak2 keturunan yg delapan tsb juga tdk ada memakai nama SILALAHI lg maka mari kita masing2 membawakan nama keturunan nama marga kita seperto contoh Kami Dolok saribu,Sinurat,Nadapdap tdk pernah lg pakai nama marga Silalahi.demikian kurang lebihnya penjelasan yg saat ini saya mengerti,mohon ditambahi saudara ku sekalian.mohon di maafkan dan sekaligus di koreksi kalau sy salah.Mauliate Godang dihita sude.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali pakailah marga-masing masing seperti saya pakek marga sihaloho, biar jelas tarida nama/marga Opung kita.

      Hapus
    2. Uda Tanpa Silalahi kalian ga dikenal

      Hapus
  40. Saya marga Nadapdap.... sejak lahir di perantauan, ingin lebih dalam mempelajari tarombo/silsilah dr leluhur saya RSS..... horas !!!

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Dr mana kau tau cerita itu
    Jangan sok pande pandean
    Gk ada anak raja silahi itu silalahi raja
    Anak pertama raja silahi itu loho raja jgn suka suka mu. Dan sejak kpan istri pertama raja silahi yaitu br padang batang nihari jd istri kedua. Istri kedua raja silahi itu nairasaon
    Istri pertama raja silahi itu
    Itu la br pakpak br padang batang nihari. Jangan klen percaya tentang dia itu
    Ini lah yg memecah belah keturunan silahi sabungan
    Asal buat tanpa tahu yg sebenarnya
    Istri pertama melahirkan 7 bawa dan 1 boru
    Istri paduahon manubuhon ima marga tambun
    Jai unang asal i pambaeni tarombo
    Q keturunan silalahi sondi raja
    Au anak ni sillaahi si raja parmahan ima sinagiro

    BalasHapus
  43. Sada nai
    Anggo akka marga silalahi tolping dang olo ijou halakki marga silalahi tolping selalu do halkki naeng ijou ima silalahi
    Ima bapa sian sude silalahi sabungan
    Dan sada nai
    Molo dang iboto halakki be sude mengenai tarombo lebih dalam
    Jai idok halakki ma
    Diri ni halakki silalahi begu

    BalasHapus
  44. I dia do tahe Pulau 766HI ???

    BalasHapus
  45. Belajar bahasa inggris secara profesional dan nyaman hanya di EF Adults English Course, serta kursus learning terbaik di Indonesia hanya di ef.co.id

    Check EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional

    BalasHapus
  46. harap dikoreksi lagi abanganda. karena tidak marga yg membawakan dua marga seperti yg abanganda sebutkan diatas contoh silalahi sihaloho,dst itu tidak ada. nanti jadi dikatakan sidua jambar. dan gambar silsilah yg abng tampilkan diatas tidak sesuai. duluan nya marga sidebang daripada sinabariba. dan anak Raja Silahisabunganpun bukan Silahi Raja tapi Silalahi Raja dan anak pertama Silalahi Raja pun Silalahi Raja Tolping bukan Bursok Raja. harap dikoreksi dan diperbaiki lagi. terimakasih

    BalasHapus