Senin, 04 Juli 2011

SILALAHI


SILALAHI, Buha-Buha Baju, Anak Panggoaran  Raja Silahisabungan

Foto diambil dari   relief gambar Op Silahi Raja, pewaris marga SILALAHI di makam/tambak Op Raja Silahisabungan dolok Paromasan ,Pangururan.


SILAHI ,  lahir di sekitar daerah AEKMUAL, PANGURURAN , selanjutnya dikenal dengan  nama daerah LUMBAN SILALAHI, SILALAHI NAGODANG-PANGURURAN. 

NAMA KAMPUNG  LUMBAN SILALAHI diambil dari nama SILAHI, yang selanjutnya bernama KAMPUNG SILALAHI NAGODANG, PANGURURAN.

MARGA SILALAHI , BERASAL DARI NAMA ANAK PANGGOARAN OMPU RAJA SILAHI SABUNGAN DARI ISTERI PERTAMA PINTA HAOMASAN BORU NI RAJA AMBATON, YAITU SILAHIRAJA . MARGA SILALAHI BERASAL DARI PANGURURAN-SAMOSIR, BUKAN DARI PAK-PAK DAIRI. MARGA SILALAHI ADALAH  SALAH SATU MARGA BATAK YANG BERASAL DARI BATAK TOBA , BUKAN MARGA DARI  PAKPAK DAIRI. 

RAJA SILAHISABUNGAN DAN SILALAHI, MEMILIKI HUBUNGAN KELUARGA DENGAN RAJA AMBATON  ( PARNA ), DARI PINTA HAOMASAN BORU NI RAJA AMBATON.


AEK MUAL adalah nama MATA AIR yang terletak dibelakang rumah kami sekarang di lumban silalahi, pangururan. konon, pernah suatu saat zaman dulu,  kekeringan melanda pangururan, dimana tidak ada mata air yang hidup, namun  mata air AEK MUAL  hidup dan mampu memenuhi kebutuhan air untuk seluruh masyarakat pangururan saat itu.

AEK MUAL adalah Mata air sumber air minum dan tanah sekitarnya  adalah tanah dan air minum yang dibawa RAJA SILAHISABUNGAN pada saat berkelana ke daerah pak-pak dan bertemu PINGGAN MATIO BORU PADANG BATANG HARI.

SILAHI merupakan anak pertama RAJA SILAHISABUNGAN dari isteri pertama PINTA HAOMASAN BORU NI RAJA AMBATON.

Nama yang diberikan RAJA SILAHISABUNGAN kepada anak pertamanya  adalah SILAHI dari isteri pertama PINTA HAOMASAN BORU NI RAJA AMBATON, sedangkan  SILAHIRAJA....ada penambahan kata 'RAJA' setelah SILAHI, adalah Nama  yang diberikan tulangnya SIMBOLON TUA  pada saat SILAHI masih bayi dan digendongnya, dengan harapan dapat berkembang bertambah banyak keturunannya, menjadi 'RAJA' dalam adat batak. Jadi nama lengkapnya adalah SILAHIRAJA


SIMBOLON TUA adalah tulang kandung satu-satunya, juga mertua dari SILAHIRAJA yang menikah dengan boru SIMBOLON TUA. 

Dari  nama SILAHI, mewarisi marga SILALAHI kepada keturunannya, dikenal juga sebagai marga SILALAHI RAJA. Dengan sendirinya SILALAHI sudah menjadi 'RAJA' , dengan banyaknya keturunannya sampai saat ini.


penjelasan gambar :

Pomparan SILALAHI  , dikenal pomparan SIMBOLON TUA (  marga SIMBOLON ) dengan marga SILALAHI RAJA,  datang menghadiri undangan dalam PESTA ADAT pomparan  SIMBOLON TUA di senayan belum lama ini.

SILALAHI datang  sebagai anak dari PINTA HAOMASAN BORU RAJA AMBATON.

SILAHIRAJA juga datang sebagai HELA/ BERE KANDUNG dari SIMBOLON TUA ( marga SIMBOLON )

 

foto diambil pada saat pesta akbar pomparan SIMBOLON TUA , marga SIMBOLON sedunia di senayan, belum lama ini.


SILAHIRAJA MEWARISI MARGA SILALAHI kepada keturunannya, dari seorang isteri Boru Simbolon Tua melalui ke- 2 orang  anaknya , yaitu, BURSOK RAJA SILALAHI dan RAJA BUNGA-BUNGA  SILALAHI .

BURSOK RAJA SILALAHI LAHIR DAN MENETAP DI LUMBAN SILALAHI,SILALAHI NAGODANG PANGURURAN DAN MEMPERISTERIKAN  BORU SIMBOLON RIMBANG.

 RAJA BUNGA-BUNGA SILALAHI  LAHIR DI LUMBAN SILALAHI , SILALAHI NAGODANG -PANGURURAN ,SELANJUTNYA BERKAMPUNG HALAMAN DI SILALAHI DOLOK - SILALAHI HINALANG , BALIGE  DAN MEMPERISTERIKAN BORU PASARIBU 

RAJA IDAON SILALAHI , MERUPAKAN PAHOMPU PANGGOARAN  SILALAHI (SILAHIRAJA  )

SILAHI /SILAHIRAJA YANG MEWARISI MARGA SILALAHI, DIKENAL JUGA SEBAGAI MARGA SILALAHI RAJA,  JUGA DIMAKAMKAN DI DOLOK PAROMASAN, PANGURURAN, DIMANA RAJA SILAHISABUNGAN JUGA DIMAKAMKAN.

---
kalaupun ada marga SILALAHI   yang lainnya, kemungkinan besar berada di TOLPING, dikenal dengan SILALAHI TOLPING. inipun masih dilakukan penelitian yang mendalam untuk memastikannya, karena belum ada bukti yang memperkuat dan memperjelas silalahi tolping ini adalah keturunan SILALAHI . ada yang mengatakan, mereka berasal dari pomparaan Raja Bunga-Bunga..ada juga yang mengatakan, mereka berasal dari pomparan LOHO RAJA (SIHALOHO)seperti gambar tarombo ini :





ada juga yang mengatakan , tidak semua orang tolping yang pakai marga Silalahi adalah pomparan Raja Silahisabungan. melainkan kumpulan dari berbagai orang  lain yang pakai marga Silalahi....namun,  Kampung  Silalahi Nagodang, pangururan say : mereka berasal dari isteri gelap ( selingkuhan ) SILALAHI......namun sebagian mereka (tolping) ,tidak mengakuinya.....

‎1. Silalahi dan yang melahirkan tolping ( ibunya tolping )....tidak ada bukti pernah menikah...

2. Simbolon Tua hanya mengakui ibunya Bursok raja sebagai isterinya Silalahi.

3. pomparan Bursok Raja , tetap mengakui yang ditolping adalah saudaranya.

lalu, apa yang terjadi saat ini ??

1.tolping berusaha menjadi abangnya bursok, banyak pomparan bursok raja yang tertipu...dan ada pomparan Simbolon tua yang tertipu....

2. terjadi pengkhianatan ditubuh pomparan Bursok Raja.

3. turi-turian dan tarombo RSS juga diputar balikkan.
4. . dengan memutar balikkan fakta tarombo silalahi, memaksa menjadi abangnya Bursok Raja, dengan sendirinya orang Tolping TIDAK MENGAKUI dan MENGHILANGKAN IBU yang melahirkan Tolping....ibunya sendiri DIHILANGKAN.

adalah BULSHITT....orang yang mampu menghilangkan ibu kandungnya sendiri akan berbaik hati kepada yang bukan saudara kandungnya...saya tidak akan bersaudara dengan tolping yang begini..




sebelum tahun 2000-an, tolping mengakui pomparan Bursok raja , silalahi Pangururan adalah abangnya.

isteri gelap, isteri selingkuhan yang tidak diakui keberadaannya oleh pihak mertua dari SILALAHI...tidak termasuk hitungan sebagai isteri....anak-anaknya adalah anak TIDAK SAH diluar nikah..namun bila dihitung sebagai isteri ke-2...maka tolping tetap akan panggil abang kepada Bursok Raja dan Raja BUnga-Bunga.....itupun, kalau benar namanya tolping, karena tolping adalah nama daerah tempat persembunyian orang yang ketakutan karena selingkuh....namanya belum tentu tolping.

hufftt....yang pasti-pasti ajalah...







o0o
GOD BLESS POMPARAN SILAHIRAJA






13 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Sattabi ate,isedo maddok goarni Oppu Silahisabungan sian anakna panggoaran Silalahi? Dangi garna hae haem? Naengbotoonmu? Sukkun au ,pajuppang hita ate? Bls sian au:jhonferis sihaloho.

    BalasHapus
  3. dang jelas ho...gabe balik balik do ibaen ho..sude nai nungga jelas ima patokanna ima na di tugu huta silalahi nabolak..

    BalasHapus
  4. Pada.zaman.sekarang ini yang bikin HOAX bisa.masuk.penjara.loh,.hati hati anda...ini tidak betul。。

    BalasHapus
  5. Aku juga bingung dengan tarombo silalahi saat ini

    BalasHapus
  6. bagaimana dgn versinketurunan raja tambun ?,yaitu Tambunan yg konon kata nya stelah ketauan ibu raja tambun (ito nya Marpaung) tlh miliki anak dr raja tambun pdhl sdh janji akan dinikahkan dan pria lain lalu pria ini dtng ingin menikahi jg ( istri raja tambun) sehingga raja tambun dibawa lari oleh silahisabungan utk diberikan keistri pertama nya sbg ibu susu, mengklaim bahwa ibu susu dr raja tambun adl ibu nya Silalahi.

    BalasHapus
  7. ralat: ibu nya raja tambun adl iboto nya Manurung.

    BalasHapus
  8. Rss berdiri tahun 1981 sedangkan silalahi berdiri tahun 1800 an jadi bagaimana jalannya kalo silalahi tolping gak ada?

    BalasHapus
  9. MOhon jangan asal caplok,membuat tulisan itu harus berdasarkan fakta dan musyawarah seluruh silahisabungan, karna ini menyangkut hubungan kami antara keturunan silahi sabungan.
    darimana sumber ada marga silalahi di pangururan, pangururan itu milik marga simbolon, huta silalahi yang dimadsud juga berada di tengah tanah simbolon.

    BalasHapus
  10. juga bagai mana mungkin kekeringan melanda pangururan,, yang faktanya pangururan (huta silalahi nagodang yang dimadsud) adalah berjarak 500 Meter dari DANAU TOBA..aneh alur cerita ini

    BalasHapus
  11. Di Silalahi Nabolak adongdo 8 bius, manang wilayah untuk masing masing keturunan RSS ima 8 anak. Siraja Parmahan adalah keturuna dari Sondiraja yg menetap di Toba.

    BalasHapus